JudulStrategi Relationship Marketing Sebagai Upaya Strategi Bersaing Pada Pedagang Kecil Di Desa Wuasa Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso |
Nama: NUR ANISSA RAHMIATUN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Hubungan antar manusia kini menjadi tema utama dalam kegiatan bisnis. Sebagian besar Perusahaan berusaha memaksimalkan kinerja operasi mereka dengan memaksimalkan nilai saham mereka secara finansial. Strategi bersaing adalah upaya yang dilakukan suatu perusahaan untuk memenangkan persaingan dalam mendapatkan konsumen yang lebih banyak dan tepat sasaran dengan cara pendekatan melalui pelayanan yang baik agar memberikan kepuasan kepada konsumen. Berdasarkan analisa dan pengamatan yang penulis lakukan pada pedagang kecil di desa wuasa terdapat beberapa masalah yang dapat penulis rumuskan, yaitu Bagaimana strategi yang dilakukan pedagang kecil untuk mempertahankan hubungan pelanggan serta mengetahui strategi bersaing pedagang kecil yang ada di desa wuasa kecamatan lore utara kabupaten poso. Pendekatan yang peneliti digunakan adalah kualitatif deskriptif bertujuan untuk menemukan fakta, kemudian dilanjutkan dengan menemukan masalah,kemudian menuju pada identifikasi masalah dan akhirnya menuju kepada penyelesaian masalah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data primer dalam penelitian ini adalah melalui wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan, setudi kepustakaan dilakukan melalui penelusuran bahan pustaka resmi, penelusuran internet dan studi dokumentasi berkas-berkas penting dan institusi dengan mengutip dari sumber yang ada. Berdasarkan hasil pembahasaan diatas, maka ditarik kesimpulan bahwa dalam usaha perdagangan persaingan antara para pedagang sudah wajar, masing-masing pedagang menginginkan usaha yang dibangunnya bisa berjalan dengan baik dan mampu bersaing dengan para pedagang lainnya. Strategi relationship yang harus dilakukan para pedagang di Desa Wuasa agar dapat bersaing dengan pedagang lain yaitu : Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, membangun komunikasi, Fleksibilitas Sistem Pembayaran: “Boleh Bayar Mundur” , Meningkatkan Pelayanan: Perlakuan Khusus kepada “Pelanggan Setia” , dan Transaksi Diselesaikan Lebih Merupakan hubungan Personal. |