JudulPENGARUH HARGA, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK MEREK WARDAH DI TOKO FIKA KECAMATAN AMPANA KOTA |
Nama: SARIFAHAMBIYANI D. TEKORA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian lipstik Merek Wardah di Toko Fika Kecamatan Ampana Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah variabel Harga (X¹), Promosi (X²), Citra Merek(X³) dan Keputusan Pembelian (Y). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden dengan tehnik pengambilan sampel Accident Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan menggunakan metode observasi, wawancara, membagikan kuesioner. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis F uji t, dan koefisien determinasi. Hasil uji regresi linier berganda menunjukan ada pengaruh positif harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipstik wardah. Hasil penelitian secara simultan menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan antara harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian lipstik merek wardah di toko fika kecamatan ampana kota. Sedangkan dalam uji secara parsial menunjukan bahwa harga dan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian lipstik merek wardah. Koefisien determinasi menjelaskan bahwa kontribusi harga, promosi dan citra merek terhadap perubahan keputusan pembelian adalah sebesar 28,2% sedangkan sisanya 72,2% di pengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Harga, Promosi, Citra Merek, Keputusan Pembelian |