JudulPENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA PT. TOGEAN INDAH GROUP |
Nama: FATIKA ANGGRAINI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Bauran pemasaran jasa merupakan kombinasi dari tujuh kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan fokus untuk mengetahui hubungan sebab-akibat (kausal) dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah konsumen di PT Togean Indah Group Ampana yang tidak diketahui jumlahnya. Jumlah sampel sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dianalisis dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata variabel bauran pemasaran terdiri dari: produk rata-rata 4,16, harga rata-rata 39,4, promosi rata-rata 38,7, tempat rata-rata 4,40, orang rata-rata 3,87, proses rata-rata 4,21 dan bukti fisik rata-rata 4,18. Secara parsial, produk, promosi, proses dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga, tempat dan orang tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji secara simultan, bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai adjusted R square sebesar 77,4% menunjukkan bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran (7P) sebesar 77,4%. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keputusan konsumen dalam memilih perusahaan PT. Togean indah Group Ampana sebagai jasa transportasi adalah dengan meningkatkan pelayanan dengan menyediakan ruang tunggu yang bersih dan nyaman. |