JudulEFEKTIVITAS PENGGUNAAN IKLAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM |
Nama: AUN RAMLAH MAHARANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Instagram, juga dikenal sebagai IG, adalah perusahaan media sosial yang didirikan pada tahun 2010 oleh Kevin Systrom. Instagram merupakan jejaring sosial yang menawarkan layanan berbagi video dan foto, dan Instagram sendiri merupakan salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Pada tahun 2017 Instagram mengeluarkan fitur baru untuk beriklan dengan lebih mudah yaitu Fitur Instagram Sponsored. Banyak pembisnis yang mulai menggunakan fitur Instagram Sponsored sebagai media iklan digital, mengikuti jejak Facebook Ads, para pengusaha terlihat tertarik dengan Instagram Sponsored melihat perkembangan pengguna Instagram yang semakin meningkat tentunya menarik minat pengusaha untuk mempromosikan produknya melalui Instagram Sponsored. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan studi kasus Snacky Plw. Penelitian ini menggunakan basis data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan didapat melalui hasil observasi langsung di lapangan selama menjalankan bisnis serta dari hasil penyebaran Kuisioner yang terkumpul dari 65 Responden. Hasil penelitian adalah efektivitas dapat digunakan diberbagai kegiatan salah satunya untuk melihat keberhasilan suatu usaha berdasarkan promosi yang dilakukan UMKM tersebut. Promosi yang dilakukan UMKM pada era teknologi informasi ini sangat beragam karena mereka dapat mendapatkan peluang menggunakan berbagai media sosial untuk mempromosikan produknya salah satunya dengan media sosial instagram, yang sangat digemari oleh masyarakat luas dan dijadikan sebagai media sosial favorit bagi UMKM untuk mempromosikan produknya. Dengan adanya instagram pemilik UMKM membuat berbagai konten dengan variasi tema yang berbeda, serta kreatif dan inovatif serta gambar dan video yang beresolusi tinggi, sehingga membuat konsumen tertauk terhadap produk UMKM yng dijual dilihat dari insight data menunjukkan peningkan profil kunjungan yang meningkat lebih dari 34% dibandingkan sebelum menggunakan iklan. |