JudulPEMBINAAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN DAN BAKAT PEMASARAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM MARKET DAY |
Nama: ANDI NUR DEAN MAHARANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membina karakter dan mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa di SD Inpres 3 Ulatan melalui program "Market Day". "Market Day" merupakan inisiatif kewirausahaan yang difokuskan pada perkembangan karakter peserta didik. Dalam konteks pendidikan dasar, pembentukan karakter dan penanaman jiwa kewirausahaan menjadi hal krusial untuk menyiapkan generasi yang kompetitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung kegiatan "Market Day," wawancara dengan kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa, serta dokumentasi foto. Sampel siswa terlibat, guru, orang tua, dan kepala sekolah dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan "Market Day" di SD Inpres 3 Ulatan telah berhasil membentuk jiwa dan mental wirausaha siswa, sementara kegiatan kontekstual juga digunakan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan siswa. |