JudulSTRATEGI CONTENT MARKETING DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OUT OF THE BOX |
Nama: FARADILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Media sosial dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Karena itu, saat ini tidak hanya digunakan sebagai hiburan, tetapi bisnis juga sering menggunakannya untuk mempromosikan bisnis. Salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan dalam media sosial adalah content marketing. Salah satu usaha yang menerapkan strategi content marketing pada media sosial Instagram nya yaitu Out of The Box. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi content marketing yang telah diterapkan oleh Out of The Box dalam membangun customer engagement. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi strategi content marketing yang diterapkan oleh Out of The Box melalui delapan tahapan content marketing yang meliputi: menentukan tujuan, pemetaan target pasar, penggagasan dan perencanaan konten, penciptaan konten, distribusi konten, penguatan konten, evaluasi konten, perbaikan konten. Strategi Content Marketing Out of The Box cukup mampu untuk membentuk dimensi Customer Engagement yaitu Keterlibatan Afektif, Keterlibatan Kognitif, dan Keterlibatan Perilaku.Keterlibatan afektif terbentuk berdasarkan antusias dan kepuasan konsumen terhadap konten. Keterlibatan kognitif berupa tingkat ketertarikan konsumen terhadap konten dan juga informasi dari konten. Keterlibatan perilaku terbentuk berdasarkan perilaku membagikan dan mendukung konten. Penyebab utama content marketing berpengaruh terhadap customer engagement karena adanya keterlibatan konsumen di setiap konten berupa visual, audio yang dibuat dengan menarik dan mudah dicerna konsumen. |