Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH HEDONISME DAN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: SUCI RAMADANI
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonisme dan brand equity terhadap keputusan pembelian smartphone Iphone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Iphone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel akhir sebanyak 75 responden. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hedonisme tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Iphone sedangkan brand equity berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan pembelian Iphone. Hal ini berarti bahwa faktor-faktor kesenangan atau kepuasan pribadi (hedonisme) tidak memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk membeli Iphone. Akan tetapi menunjukkan persepsi positif terhadap merek (brand equity) seperti kepercayaan terhadap merek, kualitas yang dirasakan dan loyalitas terhadap merek sangat berperan dalam mendorong mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako untuk membeli Iphone. Implikasi hasil penelitian ini adalah pemasar dan pengembang produk Iphone sebaiknya mengedepankan fitur-fitur yang meningkatkan kepuasan emosional dan pengalaman pengguna. Selain itu, tetap fokus pada peningkatan dan pemeliharaan brand equity dengan melakukan promosi yang menekankan kualitas, keandalan dan keunggulan Iphone.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up