JudulSTUDI LITERATUR : PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI KOTA PALU |
Nama: ERLIN KARMILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini mengeksplorasi peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur yang disesuaikan dengan konteks penelitian, yakni di Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kepemimpinan yang efektif sangat berkontribusi pada menciptakan lingkungan kerja yang positif, memotivasi guru, dan meningkatkan kolaborasi di antara staf pendidik. Program pengembangan profesional yang relevan dan dukungan kesejahteraan guru terbukti menjadi strategi kunci dalam meningkatkan kualitas pengajaran. Selain itu, kepala sekolah perlu mengidentifikasi dan mengatasi tantangan unik di Kota Palu, seperti faktor geografis dan keterbatasan sumber daya, untuk memastikan adaptasi yang efektif terhadap perubahan kurikulum dan metode pengajaran. Implikasi praktis dari temuan ini menekankan pentingnya kepemimpinan yang adaptif, kolaboratif, dan fokus pada pengembangan profesional untuk memajukan kualitas pendidikan di Kota Palu dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan di lingkungan pendidikan lokal. Penelitian ini memiliki implikasi praktis sebagai panduan untuk meningkatkan kebijakan dan praktik kepemimpinan di sekolah khususnya di Kota Palu. |