Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PELAKU UMKM MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING DI KOTA PALU
Nama: SYAHRANI AWALIA
Tahun: 2025
Abstrak
Beberapa UMKM di Kota Palu Menggunakan di digital marketing, Jika pelaku usaha di Kota Palu mempunyai tanggapan yang positif dalam menjual melalui Digital Marketing, maka konsumen akan positif untuk membeli produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Motivasi Terhadap Keputusan Pelaku UMKM Menggunakan Digital Marketing di Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wawancara, Kuisioner, dan Dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 95 responden. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis uji t menunjukkan nilai signifikansi pengaruh sikap terhadap keputusan pelaku UMKM diperoleh sebesar 3.529 dengan p value 0,000 < 0,05. Nilai signifikansi pengaruh norma subjektif terhadap keputusan pelaku UMKM diperoleh sebesar 4.297 dengan p value 0,001 < 0,05. Sedangkan Nilai signifikansi pengaruh motivasi terhadap keputusan pelaku UMKM diperoleh sebesar 2.044 dengan p ialue 0,002 < 0,05. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukan nilai p value = 0,000 < 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sikap (X1), norma subjektif (X2) dan motivasi (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelaku UMKM menggunakan digital marketing di Kota Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up