JudulANALISIS SWOT STRATEGI RENCANA PEMASARAN PADA SEKTOR KOMODITI BAWANG MERAH DI PERUMDA KOTA PALU |
Nama: CITRA MARIANGIN S UJOHN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Kota Palu memiliki potensi yang besar untuk turut serta dalam memajukan sektor pertanian khususnya pada komoditi bawang merah. Melalui analisis SWOT yang mendalam penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran komprehensif tentang kekuatan internal PERUMDA Kota Palu dalam mengelola sektor bawang merah, kelemahan yang perlu diperhatikan, peluang yang dapat dimanfaatkan, dan ancaman yang perlu diantisipasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT pada sektor komoditi bawang merah di PERUMDA Kota Palu, dapat disimpulkan bahwa kekuatan utamanya terletak pada kualitas bawang merah yang tinggi, sementara ketidakstabilan pasokan air menjadi kelemahan signifikan. Peluang yang dapat dimanfaatkan meliputi peningkatan permintaan pasar dan kemitraan dengan restoran lokal, namun demikian, perlu menghadapi ancaman dari persaingan produk impor dan serangan hama tanaman. |