Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT SISWA BARU PADA SD NEGERI 17 PALU
Nama: SYERINA EVAYANTI
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang Strategi pemasaran dalam meningkatkan minat siswa baru pada SD Negeri 17 Palu, apa saja faktor pendukung dan penghambat pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi yang dijadikan objek oleh peneliti adalah SD Negeri 17 Palu, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (Conclusion drawing/Verification). Hasil wawancara dengan kepala sekolah diketahui bahwa dalam memasarkan atau mempromosikan sekolah, Mereka tetap mempertahankan eksistensi sekolah dengan mengutamakan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan Tetapi dengan berjalannya waktu kualitas sekolah menurun dikarenakan strategi pemasaran yang masih kurang sehingga menyebabkan menurunnya kualitas sekolah. Hasil wawancara dari operator sekolah bahwa tahun 2022 hingga 2024, terdapat penurunan signifikan dalam jumlah siswa yang mendaftar di Sekolah Dasar Negeri 17 Palu. Analisis data menunjukkan bahwa pada tahun 2022, jumlah pendaftar mencapai puncaknya, tetapi kemudian mengalami penurunan sebesar 15% pada tahun 2023 dan 10% pada tahun 2024. Rekomendasi yang dapat diberikan melibatkan peningkatan fokus pada target audiens yang lebih spesifik, peningkatan kualitas kampanye pemasaran, dan penguatan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait, seperti komunitas setempat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up