JudulIMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI HUNTAP POMBEWE KABUPATEN SIGI |
Nama: BARKAT ANSARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perkonomian Indonesia dengan signifikan berkontribusi pada Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan digital marketing terhadap penjualan, strategi pemasaran, dan hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Huntap Pombewe.Metode triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, metode, dan teori. Populasi penelitian melibatkan pelaku UMKM di Huntap Pombewe yang telah menerapkan digital marketing dalam penjualan produk mereka. Perbedaan pendapatan setelah menggunakan digital marketing terlihat dari peningkatan penjualan produk, karena mencapai pasar yang lebih luas, termasuk daerah Kabupaten Sigi dan Kota Palu.Hambatan yang dihadapi melibatkan kendala jaringan, yang mempengaruhi tampilan gambar dan daya tarik live streaming penjualan. Para pelaku UMKM sangat memperhatikan stabilitas jaringan pada perangkat mereka untuk mengatasi masalah ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif terhadap penjualan dan strategi pemasaran UMKM di Huntap Pombewe. Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti koneksi internet tidak stabil, keterlambatan pengiriman, penipuan transaksi, dan manipulasi nomor admin, penerapan digital marketing memberikan manfaat yang nyata dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM. |