JudulPENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUASAAN PENGUNJUNG YANG BERDAMPAK PADA WORD OF MOUTH DAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI WISATA CITRALAND KOTA PALU |
Nama: AGUNG WIDI ASIH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Agung Widi Asih C20120004, “Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasaan Pengunjung Yang Berdampak Pada Word Of Mouth dan Minat Berkunjung Kembali di Wisata CitraLand Kota Palu” Dibimbing oleh Muzakir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasaan Pengunjung Yang Berdampak Pada Word Of Mouth dan Minat Berkunjung Kembali di Wisata CitraLand Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan kepada seluruh masyarakat Kota Palu yang pernah berkunjung di wisata CitraLand. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengolahan data penelitian menggunakan analisis partial least square dengan bantuan alat analisis software SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap word of mouth di wisata CitraLand Kota Palu. (2) variabel citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali di wisata CitraLand Kota Palu. (3) variabel citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pengunjung di wisata CitraLand Kota Palu. (4) variabel kepuasaan pengunjung berpengaruh signifikan terhadap word of mouth di wisata CitraLand Kota Palu. (5) variabel kepuasaan pengunjung berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali di wisata CitraLand Kota Palu. (6) Variabel citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pengunjung yang berdampak pada word of mouth di wisata CitraLand Kota Palu. (7) Variabel citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan pengunjung yang berdampak pada minat berkunjung kembali di wisata CitraLand Kota Palu. Kata Kunci: Citra Destinasi, Kepuasaan Pengunjung, Word Of Mouth, Minat Berkunjung Kembali |