JudulANALISIS WORD OF MOUTH MARKETING PADA USAHA MIKRO KOPI TRALETOSI DESA LEMBANTONGOA |
Nama: JOSHUA PRATAMA MAARIWUTH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Persaingan dalam dunia usaha saat ini baik di industri maupun jasa semakin ketat, sehingga pemilik usaha perlu menetapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan menjadi lebih kompetitif agar usahanya dapat lebih berkembang. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektifitas strategi Word Of Mouth yang dilakukan oleh pelaku usaha TRALETOSI di lembantongoa kecamatan paloalo kabupaten sigi. Metode penelitian yang digunakan yaitu mrtode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik Analisis Model Interaktif. Dari hasil wawancara ditemukannya dimensi Word Of Mouth yang dilakukan pemilik usaha TRALETOSI, yaitu memberikan produk yang berkualitas tinggi dan memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan. Guna adanya dimensi tersebut adalah temuan sebagai penarik perhatian pada konsumen. Peneliti menyimpulkan bahwa TRALETOSI berhasil memanfaatkan word of mouth sebagai strategi pemasaran yang efektif dengan membangun kualitas produk, memberikan layanan pelanggan yang rama dan terbuka. Melalui strategi ini, TRALETOSI berhasil mendapatkan pertumbuhan pelanggan yang signifikan, membangun kepercayaan pelanggan, dan menghemat biaya promosi. Promosi mulut ke mulut telah membantu TRALETOSI menjadi salah satu usaha mikro kopi yang sukses. |