JudulANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA PELAYANAN STATISTIK TERPADU MELALUI SKD 2022 (SURVEI KEBUTUHAN DATA) DI BPS KABUPATEN DONGGALA |
Nama: MOH IKHSAN S. KORONA |
Tahun: 2023 |
Abstrak PST merupakan pintu gerbang penyebarluasan data BPS. Pelayanan yang diberikan melalui unit PST bersifat satu pintu atau disebut sebagai one gate service. Keberadaan unit PST diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mencari data dan informasi statistik. Sistem layanan PST terbagi menjadi 2 (dua) yaitu konsumen datang lansung ke PST dan konsumen secara online dalam memperoleh pelayanan. Pelayanan tanpa tatap muka atau online tersebut antara lain dapat diakses baik melalui website BPS, melalui pst.bps.go.id, plikasi AllStat BPS (berbasis android dan IOS), telepon, faksimili, email, maupun surat. Tujuan Pelaksanaan SKD 2022 secara umum adalah untuk memperoleh bahan evaluasi dari konsumen sebagai instrumen penting peningkatan kualitas data dan informasi statistic serta memberikan pelayanan yang baik. Disamping itu SKD juga merupakan survei yang dirancang oleh BPS untuk mengidentifikasi tingkat kebutuhan dan tingkat kepuasan konsumen terhadap data dan pelayanan. Metodologi yang dijabarkan dibedakan menadi tiga bagian, yaitu metode sampling, metode pengumpulan data, serta metode analisis data. Berdasarkan metode pengumpulan data pada seluruh PST penyelenggara SKD metode CAWI lebih banyak digunakan, pada seluruh penyelenggara PST. Hal ini terkait dengan kondisi adaptasi kebiasaan baru yang diantaranya termasuk pemberian pelayanan secara daring atau online. |