JudulPENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TOJO UNA-UNA DESA SABULIRA TOBA KECAMATAN RATOLINDO |
Nama: DARNIYANTI D DG |
Tahun: 2025 |
Abstrak PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI DAN MENGANALISIS PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TOJO UNA-UNA DESA SABULIRA TOBA KECAMATAN RATOLINDO. JUMLAH SAMPEL YANG DIGUNAKAN SEBANYAK 74 RESPONDEN YANG MERUPAKAN SISWA DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TOJO UNA-UNA DESA SABULIRA TOBA KECAMATAN RATOLINDO. TEKNIK PENARIKAN SAMPEL YANG DIGUNAKAN PENELITI ADALAH RANDOM SAMPLING DIMANA SETIAP ORANG DI SELURUH POPULASI MEMILIKI KESEMPATAN YANG SAMA UNTUK DIPILIH MENJADI SAMPEL. PENGAMBILAN DATA MENGGUNAKAN KUESIONER YANG TELAH DIUJI VALIDITAS DAN RELIABILITASNYA. METODE ANALISIS MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR BERGANDA. SECARA SEREMPAK MENUNJUKAN BAHWA VARIABEL MOTIVASI BELAJAR YANG TERDIRI DARI MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK BERPENGARUH SIGNIFIKAN TERHADAP PRESTASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI TOJO UNA-UNA DESA SABULIRA TOBA KECAMATAN RATOLINDO, NILAI ADJUSTED R SQUARE SEBESAR 52,4% MENUNJUKAN BESARNYA PENGARUH PRESTASI SISWA DI PENGARUHI OLEH VARIABEL MOTIVASI BELAJAR SEDANGKAN SISANYA YAITU 47,6% PRESTASI SISWA DIPENGARUHI OLEH VARIABEL- VARIABEL LAIN SEPERTI PENDIDIKAN KARAKTER, MINAT BELAJAR, METODE PENGAJARAN, BAKAT DAN BEBERAPA VARIABEL LAIN YANG TIDAK DI TELITI DALAM PENELITIAN INI. |