Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKUALITAS LAYANAN KANTOR DESA BINANGUNA KABUPATEN TOJO UNA-UNA
Nama: HARYADI GUNAWAN
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bermaksud untuk mengumpulkan data tentang kualitas dan pelayanan di Kantor Desa Binanguna, kemudian hasilnya dideskripsikan atau digambarkan secara jelas sebagaimana kenyataan di lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidential Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam dengan distribusi frekuensi rata-rata. Hasil penelitian menunukan bahwa : (1) Dimensi Tangibel (Bukti Fisik) yang mempunyai indikator halaman parkir kantor, fasilitas kantor (Ruang tunggu,meja,kursi,gedung,toilet), Fasilitas kerja (internet,komputer,printer) dan penampilan aparatur sudah diterapkan, namun ada indikator yang belum sepenuhnya di laksanakan yaitu fasilitas (Ruang tunggu, meja, kursi, gedung, toilet). (2) Dimensi Emphaty (Empati) yang mempunyai indikator perhatian aparat pelayanan, kepedulian aparat dan keramahan aparat sudah diterapkan, namun ada indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat yaitu mengenai kepedulian aparat dalam melayani masyarakat sebagai pengguna layanan. (3) Dimensi Reliability (Kehandalan) yang mempunyai indikator keandalan petugas dalam memberikan informasi pelayanan, keandalan petugas dalam melancarkan prosedur pelayanan dan ketepatan waktu pelayanan sudah diterapkan, namun ada indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat yaitu mengenai ketepatan waktu pelyanan. (4) Dimensi Responsiviness (Ketanggapan) yang mempunya indikator respon petugas pelayanan terhadap keluhan, respon petugas pelayanan terhadap saran dan respon petugas pelayanan terhadap kritikan masyarakat sudah diterapkan, namun ada indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat yaitu mengenai Respon petugas pelayanan terhadap keluhan masyarakat. (5) Dimensi Assurance (Jaminan) yang mempunyai indikator jaminan kemampuan administrasi, jaminan tepat waktu dan jaminan sosial sudah diterapkan, namun ada indikator yang belum berjalan sesuai harapan masyarakat yaitu mengenai jaminan tepat waktu pelayanan. Kata Kunci : Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Daya tanggap dan Jaminan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up