JudulStrategi Pemasaran Pada UMKM |
Nama: CHELSEA VANDERKLEY |
Tahun: 2023 |
Abstrak Strategi pemasaran sangat berpengaruh dan penting dalam suatu progres usaha UMKM. Sweet Banana yang merupakan usaha UMKM memiliki beberapa permasalahan terkait lingkungan eksternal yang dapat mempengaruhi lingkungan internal produk Sweet Banana. Tujuan penelitian ini yaitu Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dihadapi oleh Sweet Banana ,Untuk mengetahui posisi usaha saat ini berdasarkan Analisis SWOT, Merumuskan strategi pemasaran yang baru bagi usaha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa artikel ilmiah dan kumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Tahapan analisis SWOT dimulai dari identifikasi faktor internal dan eksternal, penyusunan Matriks IFAS (Internal strategic factor analysis) dan Matriks EFAS (Eksternal strategic factor analysis), perumusan Matriks IE (internal eksternal), perumusan Matriks SWOT dan perumusan strategi pemasaran yang disarankan. Hasil analisis menunjukan usaha berada pada posisi Strategi Agresif. Strategi pemasaran yang disarankan meliputi : Mendaftarkan produk Sweet Banana diberbagai aplikasi online, melengkapi property penjualan produk, meningkatkan promosi, meningkatkan ciri Khas produk. Kata kunci: Strategi pemasaran, SWOT |