JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD NEGERI POBOYA |
Nama: RISMAWATI.B |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini menggambarkan implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Poboya, menyoroti perbedaan dengan kurikulum 2013 dan dampak positifnya pada kenyamanan peserta didik. Tema kewirausahaan menjadi fokus untuk mempersiapkan pelajar Indonesia sepanjang hayat sesuai nilai Pancasila melalui kegiatan P5. Metode penelitian kualitatif dengan wawancara memberikan pemahaman mendalam dari berbagai pihak, dan analisis kegiatan P5 menunjukkan keberhasilan implementasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi era digital menunjukkan pemahaman guru terhadap perkembangan belajar peserta didik. Kesiapan sekolah dalam digitalisasi dan rencana implementasi konkret menjadi sorotan. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kurikulum merdeka menciptakan lingkungan pembelajaran dinamis dan inklusif di SD Negeri Poboya, memberikan wawasan berharga untuk pemahaman lebih lanjut dan pengembangan kurikulum merdeka di tingkat dasar. Saran penelitian berfokus pada kontinuitas pembaruan kurikulum dan pengembangan kegiatan P5. |