Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KEMBALI ONLINE SHOP LAZADA DI KOTA PALU DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Nama: MUHHAMAD RUSDIYANTO
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Perkembangan pesat ekonomi digital telah mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia, termasuk platform Lazada yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam transaksi. Dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat, perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan, khususnya dalam mendorong minat beli kembali. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya promosi dan kualitas produk dalam membentuk kepuasan pelanggan yang kemudian berdampak pada minat beli kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap minat beli kembali pelanggan Lazada di Kota Palu, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian ini juga menguji apakah kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara promosi dan kualitas produk terhadap minat beli kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel sebanyak 100 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan minat beli kembali. Kepuasan pelanggan juga terbukti secara signifikan memengaruhi minat beli kembali. Selain itu, kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara promosi dan kualitas produk terhadap minat beli kembali. Dengan demikian, peningkatan strategi promosi dan kualitas produk dapat menjadi upaya strategis dalam mempertahankan loyalitas pelanggan Lazada di Kota Palu. Kata kunci: Promosi, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Kembali, Lazada, E-commerce

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up