JudulANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI UPT PUSKESMAS PASANGKAYU 2 DAN UPT PUSKESMAS TIKE RAYA |
Nama: NI WAYAN LINAWATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ni Wayan Linawati, Stambuk C 201 19 234 judul penelitian “Analisis Perbedaan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien rawat inap di UPT Puskesmas Pasangkayu 2 dan UPT Puskesmas Tike Raya”. Dibimbing oleh Zakiyah Zahara Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien pada UPT Puskesmas Pasangkayu 2 dan UPT Puskesmas Tike Raya. Desain penelitian menggunakan uji komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien pada kedua UPT Puskesmas dengan penentuan sampel menggunakan slovin sehingga jumlah sampel sebanyak 80 responden dengan non probably sampling melalui teknik sampling purposive. Metode analisis non parametrik menggunakan uji mann whitney. Hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien pada UPT Puskesmas Pasangkayu 2 dan UPT Puskesmas Tike Raya. Nilai rata-rata kualitas pelayanan dan kepuasan pasien pada UPT Puskesmas Tike Raya lebih baik dari pada kualitas pelayanan dan kepuasan pasien pada UPT Puskesmas Pasangkayu 2. Tingkat kepuasan pasien didasarkan oleh adanya pelayanan kesehatan yang berkualitas, sehingga pelayanan kesehatan dituntut profesional, cepat, dan ramah tanpa memandang status pasien. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien, Puskesmas ? |