JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA JASA PENGINAPAN DI KAWASAN WISATA PANTAI BONEBULA DESA TOWALE KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: MARCHO DANIEL KAMUMU |
Tahun: 2024 |
Abstrak Marcho Daniel Kamumu. Strategi Pemasaran Usaha Jasa Penginapan Di kawasan Wisata Pantai Bonebula Desa Towale Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Dibimbing oleh Dr. Rosida P. Adam, S.E., MP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Bonebula Beach Front/Bonebula Resort dan menganalisis alternatif strategi yang dapat digunakan selain strategi pemasaran yang telah digunakan oleh Bonebula Resort. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan analisis SWOT sebagai metode evaluasi dalam penelitain ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan/konsumen yang pernah menginap di resort tersebut serta calon tamu, karyawan resort, manajemen resort, atau bahkan pihak-pihak terkait lainnya seperti pemasok atau mitra bisnis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat digunakan oleh Bonebula Resort adalah Strategi WO (Weaknesses-Opportunities) yang memanfaatkan peluang eksternal untuk mengatasi kelemahan internal perusahaan. Kata kunci: Strategi pemasaran. |