Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA CRIPSCOK
Nama: INDRI WULANDARI
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini sebagai bentuk pengembangan produk olahan pisang untuk dapat bersaing didalam negeri dan dapat meningkatkan kreativitas dalam mengelola makanan. UMKM Cripscok dapat menjadi alternatif yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal secara baik, serta memunculkan suatu produk cemilan berbahan pisang dengan inovasi baru yang berbeda dan banyak diminati masyarakat. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk melakukan pengembangan pada UMKM Cripscok dengan menerapkan Business Model Canvas yaitu Customer Segment, Value Propositions, Channels, Customer Relationship, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnership, dan Cost Structure. Alasan memilih cripscok untuk pengolahan keripik pisang yaitu, Karena usaha ini terbilang mudah dan cepat diterima oleh masyarakat. Keripik pisang ini sudah tidak asing lagi menjadi makanan ringan yang gurih dan enak dikalangan masyarakat, sehingga orang pun tidak akan bosan untuk terus mencoba keripik pisang yang diharapkan dapat berkembang dengan melakukan penyesuaian Business Model Canvas agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya sehingga dapat memberikan produk yang terbaik untuk pelanggan dan bisa memenuhi permintaan konsumen. Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan dalam proses pengembangan usaha olahan pisang cripscok namun hal tersebut dapat diatasi dengan strategi perencanaan dan pengembangan bisnis dengan menggunakan pendekatan bisnis model canvas BMC. Berdasarkan hasil analisis serta penelitian yang telah diuraikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis yang digunakan oleh UMKM Cripscok dengan menggunakan pendekatan BMC ( Business Model Canvas) dapat membantu usaha ini untuk berkembang cukup baik, namun dibutuhkan adanya penyesuaian untuk mengembangkan strategi bisnis yaitu pada Blok Customer Segment dengan penambahan segment pelanggan pada daerah tetangga seperti Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, dan Sigi serta beberapa pengembangan media toko online.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up