Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA LABEL HALAL (STUDI KASUS PRODUK MAKANAN DI TRANSMART CARREFOUR KOTA PALU)
Nama: MITA PRANASTI
Tahun: 2023
Abstrak
Mita Pranasti C20118598. Analisis Perilaku Konsumen Pada Label Halal (Studi Kasus Produk Makanan Di Transmart Carrefour Kota Palu. Dibimbing Oleh Ira Nuriya Santi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku konsumen terhadap label halal dan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap label halal pada produk makanan di Transmart Carrefour Kota Palu. Penelitian ini berlangsung pada tahun 2022. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu 1 Karyawan dan 7 Konsumen di Transmart Carrefour Kota Palu. Hasil penelitian bahwa di Transmart Carrefour menyediakan berbagai makanan, yaitu olahan makanan fresh, makanan jadi, daging, restoran, buahan dan sayuran. Di Transmart Carrefour semua produk makanannya adalah makanan halal, dan kariawannya juga sangat memetingkan produk makanan halal. Transmart Carrefour juga menyediakan produk UMKM berupa sambel dan snack yang sudah memiliki label halal. Proses pengambilan keputusan konsumen terdiri atas lima bagian yaitu, pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian dari semua aktivitas tersebut di ketahui bahwa konsumen Transmart Carrefour sangat mementingkan produk makanan halal dan akan membeli produk makanan yang memiliki label halal, hal ini di buktikan dengan melakukan wawancara terhadap konsumen Transmart Carrefour. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk makanan halal yaitu, Atribut produk terdiri dari merek, komposisi tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsa dalam suatu produk, faktor internal yaitu faktor dari dalam artinya kebutuhan untuk memenuhi rasa lapar, faktor budaya/agama, dan faktor eksternal yaitu faktor yang menyangkut harga suatu produk makanan. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Label Halal, Produk makanan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up