JudulSTRATEGI PEMASARAN USAHA TANI SAYURAN HIDROPONIK DI KEBUN RBA HIDROPONIK DESA PUSUNGI KECAMATAN AMPANA TETE |
Nama: MOHAMAD RIZAL |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Pemasaran Usaha Tani Sayuran Hidroponik Di Kebun RBA Hidroponik Desa Pusungi Kecamatan Ampana Tete. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi dan kusioner. Instrumen penelitian yang digunakan ialah pedoman wawancara. dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan metode analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis SWOT. Hasil penelitian dengan menunjukan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan berdasarkan analisis SWOT berada pada kuadran ST (strenghths-threats) maka untuk selanjutnya strategi akan berfokus kepada strategi ST dimana strategi ST ini mengunakan kekuatan untuk menghindari ancaman dengan cara meningkatkan kualitas produk RBA Hidroponik untuk menghadapi banyaknya pesaing-pesaing produk sejenis dan menggunakan bibit yang baik sehingga produk yang dihasilakn berkualitas, segar dan bebas pestisida. |