JudulPENTINGNYA MARKET PLACE DALAM USAHA BEAUTY HIJAB |
Nama: MARGI MAHARANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya market place pada usaha Beauty Hijab di Kota Palu. Metode yang dilakukan pada Beauty Hijab untuk menciptakan market ada beberapa tahap yang dilakukan, pertama tahap persiapan, tahap survei pasar yang dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai sebuah usaha. Tujuan dilakukannya survei adalah untuk mengetahui keadaan pasar, minat konsumen, dan perencanaan inovasi lebih lanjut. Selanjutnya tahap promosi, tahap ini berkaitan dengan bagaimana cara mengkomunikasikan suatu produk kepada masyarakat agar produk tersebut dapat dikenal dan akhirnya dibeli oleh masyarakat. Beauty Hijab melakukan promosi melalui platform media sosial seperti instagram dan. Kemudian tahap selanjutnya yang dilakukan untuk mengatasi potensi pasar yang besar belum bisa dijangkau dari sisi geografis adalah melakukan penjualan produk secara online melalui market place. Beauty Hijab melakukan penjualan melalui market place Shopee untuk menjangkau konsumen yang jauh dari toko dan berada diluar daerah toko dan melakukan promosi melalui platform sosial media seperti Instagram dan TikTok. Kemudian tahap selanjutnya yang dilakukan untuk mengatasi persediaan toko yang masih kurang untuk penjualan online adalah menambah persediaan dan melakukan produksi secara terus menerus. Tahap terakhir untuk mengatasi masalah pendistribusian yang cukup panjang adalah dengan menahan laba untuk meningkatkan modal untuk belanja kain secara berkelanjutan, tujuannya adalah meningkatkan persediaan sehingga pendistribusian yang cukup panjang dapat diatasi. |