Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Nama: MOH. SIHA SALEH
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja sumber daya manusia (SDM) dalam pelayanan publik di tiga kantor desa, yaitu Desa Lolu Utara, Desa Duyu, dan Desa Petobo. Ketiga kelurahan tersebut dipilih karena memiliki karakteristik yang unik dan mewakili tantangan yang dihadapi oleh banyak kelurahan di Indonesia. Ketiga desa tersebut terletak di wilayah perkotaan dengan kepadatan penduduk yang tinggi, heterogenitas sosial yang kompleks, dan menghadapi tuntutan masyarakat yang semakin tinggi untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan publik di kelurahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode observasi, dokumentasi dan studi literatur. Penelitian ini dilakukan di Kota Palu, Sulawesi Tengah dengan responden sebanyak 46 orang staf pelaksana kelurahan yang tidak menduduki jabatan struktural. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan variabel kinerja SDM dan pelayanan publik, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dimana mengukur kinerja sumber daya manusia terhadap pelayanan publik dan software analisis yang digunakan adalah SPSS untuk membantu menganalisa data, Kinerja SDM (X) berpengaruh terhadap Pelayanan Publik (Y) sebesar 47,8%. Sedangkan sisanya sebesar 52,2%. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa kinerja SDM berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik. Kata kunci: Pelayanan Publik, Kinerja, Sumber Daya Manusia, Regresi Linier Sederhana, Kota Palu

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up