JudulMETODE PENGEMBANGAN SISTEM PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA KLUB BACA BUKU DJARITA |
Nama: ARJUN TRY SETIADI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Rendahnya tingkat literasi di suatu daerah di karenakan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi, serta akses pada buku bacaan yang sulit dijangkau terlebih untuk bacaan buku populer. Kehadiran toko buku di suatu daerah atau kawasan ikut mempengaruhi aktivitas literasi suatu daerah atau kawasan tersebut. Di Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu Buku Djarita hadir sebagai toko buku yang menjajakan buku-buku populer yang di minati kawula muda Kota Palu yang umumnya tidak di jual di toko buku major seperti Gramedia dan Ramedia.rancangan penelitian meliputi disain penelitian, populasi/ sampel penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, alat analisis data, dan model penelitian yang digunakan.Dalam upaya peninggkatan sistem pelayanan dalam aspek kecepatan pelayanan tentu masih harus ada perbaikan, hal ini diupayakan untuk kepuasan anggota Klub Baca, pengelola harus disiplin dengan jam operasional dan responsif terhadap keluhan anggota, dan menambah koleksi buku bacaan. Untuk tetap menjaga kesejahteraan anggota pengelola harus terus memperhatikan aspek-aspek tersebut serta tetap melakukan inovasi untuk peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan atau anggota.Sistem pelayanan yang baik mempunyai 4 indikator yaitu kecepatan pelayanan, kualitas pelayanan, efesiensi biaya, dan kepuasan pelanggan, dalam aspek kecepatan pelayanan klub baca buku djarita mendapat respon tidak baik, sebab kurang responsifnya pengelola klub baca dan cenderung sulit untuk berkomunikasi dengan pengelola via media sosial. |