JudulPENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG KONSUMEN (STUDI PADA START MART DI DESA BAHOMAKMUR KECAMATAN BAHODOPI KABUPATEN MOROWALI) |
Nama: SAMSUDIN |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap dan jaminan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian ulang konsumen pada Start Mart di Desa Bahomakmur Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jenis penelitian ini adalah deskrptif kuantitatif. Mengingat jumlah populasi penelitian tidak diketahui dengan pasti jumlahnya, maka peneliti memutuskan menggunakan jumlah sampel minimal 5 kali dari jumlah item pertanyaan atau pernyataan yang ada di kuesioner, sehingga minimal ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 14 x 5 = 70. Dengan demikian penulis memutuskan untuk menetapkan jumlah sampel dalam penelitian ini sesuai dengan ukuran minimal sampel yang ada yaitu sebanyak 70 responden. Alat analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan hasil penelitian menunjukkan Kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, empati, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang konsumen pada Start Mart di Desa Bahomakmur Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali, dengan nilai Sig-F sebesar 0,000 < ? 0,05. Variabel Bukti fisik (X1), Empati (X2), Kehandalan (X3), Daya tanggap (X4), dan Jaminan (X5) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang konsumen pada Start Mart di Desa Bahomakmur Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali, dengan nilai Sig-t sebesar < ? 0,05. Kata Kunci: Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Keputusan Pembelian Ulang Konsumen. |