JudulPENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP NIAT KEMBALI PEMBELIAN PRODUK MELALUI APLIKASI TOKOPEDIA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO) |
Nama: DIAH NURHADISA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Studi ini bertujuan untuk mengetahui variabel kepuasan dan variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap niat kembali pembelian produk melalui aplikasi tokopedia. Jenis penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan metode dalam mengolah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan dan menyimpulkannya. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa fakultas ilmu ekonomi dan bisnis universitas tadulako palu selaku pelanggan Tokopedia yang berjumlah 95 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS dalam pengolahan data pada kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap niat kembali pembelian produk melalui aplikasi Tokopedia dan variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap niat kembali pembelian produk melalui aplikasi Tokopedia. Dengan demikian, variabel kepuasan dan kepercayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap niat kembali pembelian produk melalui aplikasi Tokopedia. :Pihak Tokopedia perlu meningkatkan keakuratan informasi produk dikaitkan dengan kemampuan sistem dalam memberikan informasi secara lengkap atas keberadaan produk yang diperjualbelikan. |