JudulAnalisis Dan Bauran Pemasaran Prospek Pengembangan UMKM Desa Karawana, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi |
Nama: VIRTA NURUL ARINI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) di Desa Karawana merupakan salah satu prioritas masyarakat dalam meningkatkan pendapatan ekonomi. UMKM yang berkembang di Desa Karawana di antaranya yaitu usaha kuliner,perdagangan, peternakan dan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan bauran pemasaran yang berkaitan langsung dengan UMKM Desa Karawana Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu observasi/ pengamatan, wawancara, dan evaluasi. Berdasarkan hasil wawancara terdapat paparan variabel-variabel 4P Bauran Pemasaran yang telah terimplementasi pada pelaku-pelaku Usaha Mikro di Desa Karawana Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi produk (Product), harga (Price), distribusi atau tempat (Place), dan promosi (Promotion). Prospek Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki beberapa keunggulan komparatif terhadap usaha besar. Keunggulan tersebut antara lain : Dilihat dari sisi permodalan, pengembangan usaha kecil memerlukan modal usaha yang relatif kecil dibanding usaha besar. |