JudulPERANAN MEREK (LABELING) DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KERIPIK KELAPA UMKM DESA SIBALAYA UTARA KECAMATAN TANAMBULAVA KABUPATEN SIGI |
Nama: AFRIZUN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Keripik Kelapa UMKM Desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi Afrizun, Erwan Sastrawan, Setiawan Mandala Putra Management Departement, Faculty of Economics and Business, Tadulako University. Jl. Soekarno Hatta Km.9 Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Postal code: 94118 *Corresponding Author e-mail:afrizunizun@gmail.com Received: November 2023; Revised: November 2023; Published: November 2023 Abstrak: UMKM Mandiri Tora Tora merupakan usaha industri rumah tangga yang memproduksi buah kelapa dan diolah menjadi produk makanan yaitu Keripik Kelapa. Dengan label yang menarik dapat meningkatkan minat konsumen. Konsumen lebih tertarik dengan label daripada produk yang tidak memiliki label. Label mampu menjadi identitas dan akan masuk dalam ingatan konsumen. Hal ini sangat mempengaruhi jika berniat untuk membeli kembali. Hasil menunjukan bahwa peningkatan penjualan melalui perubahan labeling produk pada usaha industri rumah tangga yang berlokasi di Desa Sibalaya Utara Kecamatan Tanambulava kabupaten Sigi, dapat di laksanakan dengan baik meskipun masih bersifat sederhana akan tetapi dari waktu ke waktu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Tujuan Pembuatan Labeling produk keripik kelapa pada UMKM Tora Tora untuk meningkatkan kualitas produk agar menjadi lebih menarik dimata para konsumen. Mitra yang terlibat dalam pembuatan olahan keripik kelapa pada UMKM Tora Tora berjumlah dua orang yakni ibu lilyana selaku pemilik Usaha dan saudara dari ibu lilyana. Metode pelaksaan kegiatan dalam pembuatan labeling produk keripik kelapa melalui observasi, sosialisasi, serta penerapan kepada pemilik UMKM Tora Tora. Hasil dari kegiatan pengabdian yang dilakukan tersebut adalah adanya peningkatan kualitas produk pada kemasan olahan keripik kelapa melalui pembuatan labeling. Kata Kunci: Labeling, UMKM, Keripik Kelapa. |