JudulSTRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA AIR PANAS TOLOLE KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: NURHAFIFAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA AIR PANAS TOLOLE KABUPATEN PARIGI MOUTONG NURHAFIFAH , C 201 18 375, dibimbing oleh Wahyuningsih Abstrak Studi ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran destinasi wisata Air Panas Tolole Kabupaten Parigi Moutong. Paradigma yang digunakan dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Sementara untuk analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang perlu dilakukan oleh pengelola wisata Air Panas Tolole adalah dengan menerapkan strategi WO (Weaknesses and Opportunities), yaitu strategi yang meminimalkan kelemahan (Weaknesses) untuk memanfaatkan peluang (Opportunities), hal ini dapat dilakukan dengan 1) Memanfaatkan dukungan pemerintah untuk promosi wisata; 2) Memanfaatkan dukungan pemerintah untuk mengatasi keterbatasan anggaran untuk sarana dan prasarana wisata; 3) Memanfaatkan dukungan pemerintah untuk pengembangan SDM pengelola wisata agar lebih profesional; 4) Memanfaatkan banyaknya kunjungan wisata untuk memperoleh keuntungan guna membantu pembiayaan pengembangan obyek wisata; dan 5) Menjalin kerjasama dengan investor guna membantu pengembangan wisata yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Wisata. |