JudulFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN DARISA DI KOTA PALU |
Nama: I MADE WINARSA MURTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak I Made Winarsa Murti C20118360, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Darisa Di Kota Palu. Dibimbing Oleh Enki P. Nainggolan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Rumah Makan Darisa di Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Rumah Makan Darisa di kota palu. Faktor pertama terbentuk adalah Faktor 1 terdapat 7 indikator pembentuknya dengan nilai Eigenvalues sebesar 7,354 yang meliputi fitur pesan melalui telepon/pemesanan secara online pesan antar via Go Food, Grab, dan Maxim, rumah makan yang sudah berdiri sejak lama dan sudah terkenal, satu-satunya perusahaan kuliner yang di bangun oleh mahasiswa, pelayanan yang ramah dan cepat, terdapat ruang VIP, menggunakan bahan makanan yang fresh, memiliki pelanggan lama yang masih eksis sampai sekarang. Faktor 2 terdapat 4 indikator pembentuknya dengan nilai Eigenvalues sebesar 2,572 yang meliputi menu makanan yang tersedia sangat beragam, tersedia fasilitas yang memadai, tempat makan yang bersih dan nyaman, dan harga yang terjangkau. Faktor 3 terdapat 4 indikator pembentuknya dengan nilai Eigenvalues sebesar 1,304 yang meliputi tempat yang strategis, memenuhi rasa penasaran dan keingintahuan akan latar belakang serta asal mula yang unik pada rumah makan Darisa, memiliki pelayanan catering yang dapat menjangkau seluruh wilayah Sulawesi Tengah yang bisa melayani pesta perkawinan, syukuran, hajatan, seminar dan lainnya, dan tempat parkir yang aman dan nyaman. Kata kunci : Faktor-Faktor, Keputusan Pembelian, Rumah Makan Darisa |