JudulPERBANDINGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN ANTARA EDISON BARBERSHOP DAN BAGOES BARBERSHOP DI KOTA PALU |
Nama: PUTU SETIA HERDIANSYAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Putu Setia Herdiansyah, Stambuk C 201 18 326 judul penelitian “Perbandingan Dimensi Kualitas Pelayanan antara Edison Barbershop dan Bagoes Barbershop di Kota Palu”. Dibimbing oleh Ponirin. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan melalui dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik pada Edison barbershop dan Bagoes barbershop di Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan dua objek berbeda. Sampel penelitian ini menggunakan teori roscoe yaitu dengan pendekatan sampel minimal sebanyak 60 responden. Teknik analisis data menggunakan uji beda rata-rata dua sampel tidak berpasangan yaitu uji mann-whitney test untuk data yang tidak berdistribusi secara normal. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dimensi kehandalan, jaminan, empati, dan bukti fisik, namun terdapat perbedaan yang signifikan sikap responsif antara Edison barbershop dan Bagoes barbershop. Secara keseluruhan kualitas pelayanan pada kedua barbershop sangat baik. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti nyata. |