JudulPengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner Di Kecamatan Mantikulore |
Nama: CIKAL RAMBASE N |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner di Kecamatan Mantikulore. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM kuliner di Kecamatan Mantikulore. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 45 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM kuliner di Kecamatan Mantikulore. Hasil secara parsial juga menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran |