JudulStrategi Pemasaran Hasil Laut Nelayan Di Pasar Desa Paranggi Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong |
Nama: MOH REZA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran yang sesuai bagi usaha hasil laut nelayan di Desa Paranggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan observasi, serta menggunakan teknik analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi posisi usaha hasil nelayan di Desa Paranggi dilihat dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki serta untuk menentukan strategi pemasaran hasil laut yang sesuai dengan posisi perusahaan. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif. Teknik penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik sampling bertujuan (purposive sampling) yaitu teknik yang digunakan apabila informan dipilih secara khusus berdasarkan tujuan penelitian. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uasaha yang dimili oleh nelayan di Desa Paranggi saat ini sedang dalam situasi yang sangat menguntungkan. Nelayan di Desa Paranggi saat ini memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan kekuatan untuk meraih peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah + (0,73) mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy) untuk meningkatkan penjualan. Dari hasil analisis dengan analisi SWOT maka strategi yang dapat di kembangkan adalah: Memanfaatkan harga ikan yang murah dan memiliki sarana transportasi pribadi untuk memperluas pangsa pasar serta Memanfaatkan tekhnologi yang ada untuk mempermudah dan memperluas pemasaran. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT |