JudulPENGARUH PRODUK, HARGA, PELAYANAN, LOKASI, FASILITAS DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN SEGAR PADA PASAR TRADISONAL MASOMBA DI KOTA PALU |
Nama: ATIKA AJIS |
Tahun: 2023 |
Abstrak Atika Ajis, Pengaruh Produk, Harga, Pelayanan, Lokasi, Fasilitas dan Keputusan Pembelian Sayuran Segar Pada Pasar Tradisional Masomba di Kota Palu. Dibimbing oleh Rosida P. Adam ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, harga, pelayanan, lokasi dan fasilitas terhadap keputusan pembelian sayuran segar pada Pasar Tradisional Masomba di Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen sayuran segar yang berbelanja pada Pasar Tradisional Masomba di Kota Palu. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability dengan metode acidential sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 102 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, pelayanan, lokasi dan fasilitas secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sayuran segar pada Pasar Tradisional Masomba di Kota Palu, tetapi semakin tinggi nilai produk, harga, pelayanan, lokasi, dan fasilitas, maka keputusan pembelian semakin berkurang. Hasil penelitian secara parsial juga menunjukkan bahwa produk, harga, pelayanan, lokasi, dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sayuran segar. Kata Kunci: Pengaruh, Produk, Harga, Pelayanan, Lokasi, Fasilitas, Keputusan Pembelian Sayuran Segar, Pasar Tradisional. |