JudulEFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI SDN KAWATUNA KOTA PALU) |
Nama: CITRA MILENIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas proses pembelajaran terkait dengan kinerja guru sekolah dasar pasca pandemi covid-19 (studi di SDN Kawatuna Kota Palu). Paradigma penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kawatuna jalan Gunung Lolo Nomor 27 Kelurahan Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu dengan jumlah informan sebanyak 9 orang. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan teknik wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, menggunakan teknik validasi data yaitu teknik triangulasi data dan alat analisis yang digunakan yaitu software Nvivo 12 plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru SDN Kawatuna Kota Palu telah terlaksana dengan cukup efektif. 2) Kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di SDN Kawatuna Kota Palu telah terlaksana dengan cukup efektif, dimana seluruh guru mengajar mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. 3) Penilaian hasil belajar siswa SDN Kawatuna Kota Palu telah terlaksana dengan cukup efektif, hal tersebut terlihat dari seluruh guru rutin melakukan penilaian, baik itu penilaian setiap akhir semester maupun setiap akhir pokok pembahasan/topik. 4) Pelatihan dan pembimbingan terhadap peserta didik yang dilaksanakan di SDN Kawatuna Kota Palu telah terlaksana dengan efektif. Setiap guru yang memiliki kompetensi dan kemampuan memberikan pembimbingan dan pelatihan tambahan terhadap para siswa dengan beragam jenis kegiatan. 5) Pelaksanaan tugas tambahan lain yang melekat pada tugas pokok guru telah terlaksana dengan efektif, hal tersebut terlihat dari sebelum melaksanakan tugas tambahan lain, kepala sekolah dan para guru yang bertugas telah mengatur pengalokasian waktu pelaksanaan tugas sehingga pelaksanaan tugas tambahan tidak menghambat proses pembelajaran. Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian, Pelatihan dan Pembimbingan, Pelaksanaan Tugas Tambahan. |