JudulPENGARUH ANTARA WORK-FAMILY CONFLICT (WFC) DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA GURU WANITA YANG BERKELUARGA PADA SEKOLAH DASAR TERAKREDITAS “A” DI KOTA PALU |
Nama: AULIA RAHMADANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Aulia Rahmadani C 201 18 161, Pengaruh Antara Work-Family Conflict (WFC) Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru Wanita Yang Berkeluarga Pada Sekolah Dasar Terakreditas “A” di Kota Palu, Dibimbing Oleh Risnawati. Intisari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara work-family conflict (WFC) dan stres kerja terhadap kinerja guru wanita yang berkeluarga pada sekolah dasar terakreditas “A” di Kota Palu. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Terakreditas “A” di Kota Palu Sulawesi Tengah dengan jumlah 6 Sekolah Dasar Terakreditas “A”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Terakreditas “A” di Kota Palu yang berjumlah 94 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sample diperoleh 49 guru wanita yang berkeluarga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner sebagai teknik utama serta didukung dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara work-family conflict dan stres kerja terhadap kinerja guru wanita yang berkeluarga pada sekolah dasar terakreditas “A” di Kota Palu. Terdapat pengaruh secara signifikan work-family conflict terhadap kinerja guru wanita yang berkeluarga pada sekolah dasar terakreditas “A” di Kota Palu. Terdapat pengaruh secara signifikan stres kerja terhadap kinerja guru wanita yang berkeluarga pada sekolah dasar terakreditas “A” di Kota Palu. Kata Kunci: Work-Family Conflict (WFC), Stres Kerja, Kinerja. |