JudulPENGARUH INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS UMKM KULINER DI HUTAN KOTA MANTIKULORE) |
Nama: RITA NOVITASARI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Rita Novitasari C 201 18 106, Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemasaran Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Umkm Kuliner Di Hutan Kota Mantikulore). Dibimbing Oleh Maskuri Sutomo. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemasaran Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Umkm Kuliner Di Hutan Kota Mantikulore). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. sampel yang digunakan sebanyak 45 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian kuesioner dan diolah menggunakan SPSS versi 25. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Inovasi Produk dan Pemasaran Kewirausahaan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Umkm Kuliner Di Hutan Kota Mantikulore. Hasil secara parsial juga menunjukkan variabel inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Umkm Kuliner Di Hutan Kota Mantikulore). Kemudian untuk variabel pemasaran kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Umkm Kuliner Di Hutan Kota Mantikulore). Kata kunci: inovasi produk, pemasaran kewirausahaan, keunggulan bersaing. |