JudulANALISIS KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Donggala Labuan) |
Nama: MUHAMMAD GIBRAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Muhammad Gibran C20118102, Analisis Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Donggala Labuan). Dibimbing oleh Lina Mahardiana. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri Donggala Labuan dalam mengelola proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Paradigma penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan kepada guru, kepala sekolah, dan siswa di Sekolah Madarasah Ibtidaiyah Negeri Donggala Labuan. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan teknik wawancara. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, menggunakan teknis validasi data yaitu teknik triangulasi sumber dan triangulasi data dengan model analisis Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran di masa pandemi berjalan dengan baik tapi masih memiliki kelebihan dan kekurangan, dan yang paling dominan terdapat pada kelebihan. Adapun kelebihan yang paling menonjol terlihat pada motivasi berinsiatif dan kekurangan hanya terlihat pada kompetensi kreatif dan motivasi berpikir positif memulai pembelajaran. Inovasi yang dilakukan kepala sekolah juga sangat berpengaruh terhadap kinerja guru dan proses pembelajaran serta siswa juga masi bisa menerima pembelajaran dari guru dengan baik. Kata Kunci: Kinerja Guru, Mengelola, Proses Pembelajaran, Pandemi Covid-19 |