JudulPENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BUMI NYIUR SWALAYAN (BNS) DI KOTA PALU |
Nama: DWI RIZKI ANGGRAINI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh customer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan Bumi Nyiur Swalayan (BNS) di Kota Palu. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di Bumi Nyiur Swalayan (BNS). Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer relationship marketing yang terdiri dari kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan keluhan secara serempak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Bumi Nyiur Swalayan (BNS) di Kota Palu. |