Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI PENGEMBANGAN UMKM UNTUK MERAIH KEUNGGULAN BERSAING DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus UMKM Ngata Anata Di Kota Palu)
Nama: ANGELA NATASYA NAYOAN
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui strategi UMKM Ngata Anata di Kota Palu untuk meraih keungggulan bersaing di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode triangulasi dengan gabungan dari beberapa kombinasi seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 20 orang. Metode analisis data yang digunakan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1). Strategi pengembangan pada UMKM Ngata Anata diharapkan selalu memperhatikan dan meningkatkan strategi bauran pemasaran meliputi menjaga kualitas produk, harga yang dapat bersaing dengan kompetitor, saluran distribusi yang strategis, dan promosi yang tepat sasaran, 2). Berdasarkan hasil analisis SWOT yang telah dilakukan, UMKM Ngata Anata berada pada posisi kuadran 1 dengan strategi S-O sebagai strategi yang harus diterapkan yaitu strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada atau strategi yang mendukung pertumbuhan agresif (Growth oriented strategy).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up