JudulPENGARUH PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENJUALAN MIE BASUDARA |
Nama: REFANDO KUMAMPUNG |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya meningkatkan kepuasan pelanggan karena dalam usaha seperti Mie Basudara dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumennya, agar pelanggan yang datang membeli mendapatkan kepuasan. Mengingat kepuasan pelanggan merupakan syarat mutlak untuk dapat bertahan sebagai bukti kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh lokasi dan promosi secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Mie Basudara Berdasarkan hasil wawancara lokasi penjualan ini memang merupakan lokasi yang baik karena mudah dijangkau konsumen Mie Basudara, karena lokasi penjualan Mie Basudara ini berada di pasar Masomba kota Palu. Berdasarkan hasil wawancara, hasil penelitian dan interpretasi penulis, promosi penjualan dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Mie Basudara. Lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Mie Basudara telah memahami pentingnya strategi pemasaran dan telah menerapkan beberapa strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. This research is motivated by the importance of increasing customer satisfaction because in a business like Mie Basudara it is required to be able to meet the needs of its consumers, so that customers who come to buy get satisfaction. Considering that customer satisfaction is an absolute requirement to survive as proof of the company's survival. This study aims to determine the effect of promotion on customer satisfaction, the effect of location on customer satisfaction, the effect of location and promotion together on customer satisfaction. This study aims to test and analyze the effect of promotion and location on customer satisfaction. Based on the results of interviews, this sales location is indeed a good location because it is easily accessible to Mie Basudara consumers, because the selling location for Basudara Noodles is in the Masomba market, Palu city. Based on the interview results, research results and the author's interpretation, sales promotion and location simultaneously have a significant effect on purchasing decisions, sales promotions partially have a significant effect on purchasing decisions at Mie Basudara. Location influences the purchasing decision. Mie Basudara has understood the importance of marketing strategy and has implemented several marketing strategies to increase sales. |