JudulPENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT PARIGI MENGGUNAKAN PRODUK HERBAL ASSALAM PADA ERA PANDEMI COVID-19 |
Nama: SALDIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Saldiana: C 201 17 500, Judul Penelitian: “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Masyarakat Parigi Menggunakan Produk Herbal Assalam Pada Era Pandemi Covid-19”. Dibimbing oleh Bapak H. Syamsul Bahri Dg. Parani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk yang terdiri dari kinerja, daya tahan, kesesuaian spesifikasi, fitur dan kemampuan melayani terhadap keputusan masyarakat Parigi menggunakan produk Herbal Assalam pada era pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausal. Populasi dalam penelitian ini dikhususkan pada masyarakat Parigi yang pernah menggunakan produk Herbal Assalam pada era pandemi Covid-19. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kinerja, Daya tahan, Kesesuaian spesifikasi, Fitur dan Kemampuan melayani secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan masyarakat Parigi menggunakan produk Herbal Assalam pada era pandemi covid-19 dengan pengaruh sebesar 0,986 atau 98,6%. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa variabel Kinerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan masyarakat Parigi menggunakan produk Herbal Assalam dengan pengaruh sebesar 0,388 atau 38,8%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Daya tahan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan masyarakat Parigi menggunakan produk Herbal Assalam pada era pandemi covid-19 dengan pengaruh sebesar 0,463 atau 46,3%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Kesesuaian spesifikasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan masyarakat Parigi menggunakan produk Herbal Assalam pada era pandemi covid-19 dengan pengaruh sebesar 0,142 atau 14,2%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Fitur secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan masyarakat Parigi menggunakan produk Herbal Assalam pada era pandemi covid-19 dengan pengaruh sebesar 0,136 atau 13,6%. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa variabel Kemampuan melayani secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan masyarakat Parigi menggunakan produk Herbal Assalam pada era pandemi covid-19 dengan pengaruh sebesar 0,172 atau 17,2%. Adapun tingkat keeratan hubungan antara variabel independen yaitu Kualitas Produk yang terdiri dari Kinerja, Daya tahan, Kesesuaian spesifikasi, Fitur dan Kemampuan melayani terhadap variabel dependen yaitu Keputusan masyarakat Parigi menggunakan produk Herbal Assalam pada era pandemi Covid-19 dapat dilihat dari nilai Multiple R sebesar 0,996 atau 99,6% yang berarti memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel independen memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap variabel dependen. Kata Kunci: Kualitas Produk (Kinerja, Daya Tahan, Kesesuaian spesifikasi, Fitur dan Kemampuan Melayani), Keputusan Konsumen. |