JudulAnalisis Segmentasi Pasar Pada Destinasi Wisata Tanjung Karang Di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah |
Nama: ANDREY KUSSOY |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis segmentasi pasar yang ada di Destinasi Wisata Tanjung Karang dengan menggunakan indikator demografi, geografi, psikografi dan tingkah laku. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata tanjung karang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus malhotra, dengan jumlah sampel sebanyak 60. Teknik pengumpulan data menggunakan alat instrumen kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis klaster dan analisis tabulasi dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 22.0. Hasil Penelitian ini dengan indikator yang ditentukan terdapat 3 klaster yaitu Wisatawan Rasional sebanyak 25 wisatawan, Wisatawan Praktis sebanyak 17 wisatawan dan Wisatawan Lokal sebanyak 18 wisatawan dengan kriteria yang berbeda-beda. Kata kunci: Segmentasi pasar, Pariwisata, pemasaran wisata |