JudulSTRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH SD NEGERI 10 PANTOLOAN |
Nama: LAURENSIA YOLANDA SUNDAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak The Journal of Financial, Accounting, and Economics Homepage: https://jurnal.glowscien.com/index.php/JFAE Vol. I, Issue. 1, January (2024), 01-12 DOI Issue: https://doi.org/10.58857/JFAE.2024.v01.i01 E-ISSN 3031-9064 STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH DASAR NEGERI 10 PANTOLOAN Laorensia Yolanda Sundah1), Ira Ira Nuriya Santi2), Zakiyah Zahara3) 1), 2), 3) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Unversitas Tadulako email: yolandakweee358@gmail.com 1) ira_nuria@yahoo.com 2) zakiyah66.zm@gmail.com 3) ARTICLE INFO ABSTRACT Article History: Submitted: 22 February 2023 Reviewed: 29 August 2023 Revision : 4 September 2023 Accepted : 5 September 2023 Available online: 5 September 2023 Keywords: Financial Literacy; Lifestyle; Financial Management Behavior Corresponding Author: Didin Fatihudin Email: diaenafdloka@gmail.com Tujuan dari penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran pendidikan Sekolah Dasar Negeri 10 Pantoloan dalam meningkatkan citra sekolah. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 10 Pantoloan yang dimana peneliti ingin menguji variabel strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkatkan citra sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi digunakan sebagai alat analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa layanan jasa pendidikan di SDN 10 Pantoloan memprioritaskan pada upaya terpenuhinya harapan dan kepuasan pelanggan. Pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra dilakukan sekolah dalam beberapa strategi; strategi langsung, strategi tidak langsung, strategi perbedaan, strategi pembiayaan. Namun demikian stategi yang efektif di SDN 10 Pantoloan adalah dengan menunjukkan bukti kualitas lulusan dan membangun citra kepuasan layanan melalui berita dari mulut ke mulut. Dampak strategi pemasaran dan implikasinya terhadap pencitraan di SDN 10 Pantoloan adalah; a). Tingginya loyalitas pelanggan pengguna jasa pendidikan. B). Kepercayaan masyarakat semakin kuat, c). Adanya dukungan masyarakat, d). Terjalinnya 1erjasama yang efektif antara sekolah dan orang tua siswa. |