JudulStrategi Pemasaran Komoditi Jagung Di Desa Bongka Makmur Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una-Una |
Nama: NUR AYU, S.AK |
Tahun: 2021 |
Abstrak Abstrak NUR AYU S. AK, “Strategi Pemasaran Komoditi Jagung Di Desa Bongka Makmur Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una - Una”. Dibimbing oleh : Rosida P. Adam Studi ini bertujuan untuk Mengetahui Strategi Pemasaran (Penerapan Bauran Pemasaran yang terdiri atas harga, produk, distribusi dan promosi) Komoditi Jagung di Desa Bongka Makmur Kecamatan Ulubongka. Jenis penelitian ini Kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penentuan infoman dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah petani jagung, pedagang pengumpul dan pedagang besar. Analisis data yang digunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pemasaran jagung yang ada di Desa Bongka Makmur untuk pedagang pengumpul prospek pasar yang sangat besar, kesempatan untuk berinovasi dan ekpansi pasar cukup terbuka karena berdasarkan analisis SWOT berada pada posisi kuadran I yang berarti bahwa mempunyai kekuatan untuk meraih peluang yang ada. Namun demikian para petani jagung harus fokus pada masalah internal agar dapat merebut peluang-peluang yang ada (faktor ekternal) Sedangkan Strategi pemasaran jagung yang ada diKabupaten Tojo Una-Una untuk Pedagang Besar berada pada posisi Kuadran 1 yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif yakni dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Jagung |