JudulPENGARUH SELEBGRAM ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP PRODUK KOSMETIK EMINA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: ALISA DIRWARDA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruh dari variabel Attractiveness, Trustworthiness dan Expertise yang merupakan indikator dari seorang celebrity endorser secara serempak dan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada online shop produk kosmetik Emina mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi fakultas Ekonomi dan Bisnis selaku konsumen produk kosmetik Emina. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert dengan alat analisis yaitu uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis yang menggunakan uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Attractiveness, Trustworthiness dan Expertise secara serempak dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada online shop produk kosmetik Emina mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas tadulako. Kata kunci : variabel Attractiveness, Trustworthiness, Expertise dan keputusan pembelian |